Senin, 15 Oktober 2018

jual dod entok bebek murah

CV.USAHA SEJATI MITRA TERNAK
KENDAL JAWA TENGAH
Jl : Wotgalih Kreman Warureja
Tlpn : 0853-9878-9279
Wa  : 0858-2384-5579


Usaha peternakan itik semakin diminati sebagai alternatif sumber pendapatan bagi masyarakat di pedesaan maupun di sekitar perkotaan. Hal ini disebabkan oleh beberapa kondisi lingkungan strategis yang lebih memihak pada usaha peternakan itik, antara lain adalah semakin terpuruknya usaha peternakan ayam ras skala kecil dan munculnya wabah penyakit flu burung yang sangat merugikan peternakan ayam ras maupun ayam kampung.
Peluang pengembangan itik cukup besar, karena tersedianya bibit dalam jumlah besar dan mutu yang relatif baik, relatif mudahnya akses pemasaran, keterampilan petani yang memadai, sosial budaya yang menunjang dan adanya dukungan baik dari pihak swasta atau pemerintah.
Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha ternak itik adalah (i) kualitas bibit yang digunakan, (ii) prosedur pemeliharaan yang benar, (iii) kualitas pakan dan cara pemberian pakan yang tepat, (iv) sistem usaha dan analisa keuangan yang baik, dan (v) pengalaman dalam memelihara ternak itik yang cukup. Faktor-faktor tersebut sangat menentukan keberhasilan dan tingkat keuntungan yang diperoleh dari suatu sistem pemeliharan intensif.
Pemberian  pakan itik tidak boleh sembarangan. Pakan  yang baikdan berkualitas pasti akan dicerna dengan baik oleh tubuh itik. Anda tidak bisa memberinya sembarang pakan, meskipun kadang itik memang makan sembarangan. Sebagai contoh, jika Anda ingin memberinya makan jagung, maka tidak boleh jagung yang sudah lama hingga berjamur karena jagung yang berjamur mengandung racun, sehingga tidak baik untuk tubuh itik itu sendiri. Nah, agar pemberian pakan itik tepat dan efisien sesuai yang di inginkan ada baik nya pemberian pakan kita atur. Pemberian pakan dilakukan berdasarkan fase pemeliharaan yaitu fase starter,fase grower dan fase finisher.
Kebutuhan Nutrisi Ternak Itik
Perlu diperhatikan bahwa ternak itik lokal khususnya mempunyai sifat yang mudah stress terhadap perubahan yang mendadak, terutama pakan. Oleh sebab itu sebelum merencanakan memelihara itik, peternak harus mempelajari dulu situasi dan kondisi ketersediaan bahan pakan yang akan digunakan sebagai ransum ternak itiknya, apakah bisa tersedia terus menerus atau tidak, Bila tidak, untuk menganti bahan pakan yang baru harus secara bertahap yaitu :
  1. Minggu pertama perbandingan ransum lama dan   ransum baru  adalah 75% : 25%.
  2. Minggu kedua perbandingan ransum lama dan ransum baru adalah 50% : 50%.
  3. Minggu ketiga perbandingan ransum lama dan ransum baru adalah 25% : 75%.
  4. Minggu keempat baru boleh diberikan ransum baru adalah 100%.
Itik kurang bisa beradaptasi dengan makanan kering, sehingga pakan harus basah. Sesuai dengan bentuk paruh, Itik lebih sesuai dengan pakan basah. Namun jangan terlalu basah, kandungan airnya tidak lebih 20%. Formulasi pakan yang sudah disiapkan biasanya ditambah air dan diaduk jadi satu dalam wadah.
1. Kebutuhan Nutrisi Itik Petelur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.